Jarang Diketahui, Ini 13 Khasiat Air Rebusan Kayu Manis bagi Kesehatan

Redaksi - Jumat, 28 Juli 2023 18:15 WIB
internet
bulat.co.id -MEDAN | Kayu manis atauCinnamomumadalah sejenis pohon yangmenghasilkan rempah. Tanaman ini masuk dalam jenis rempah yang berasal daribagian dalam kulit yang kering dengan aroma yang kuat, pedas, dan manis.

Masyarakat memanfaatkan rempah ini dalam makanan bakar manis, anggurpanas, dan medis. Menariknya, kayu manis merupakan salah satu bumbu rempahtertua yang pernah digunakan. Tercatat, pemakaiannya pada wilayah Mesir Kunoadalah sekitar 5000 tahun lalu. Selain itu, masyarakat juga memanfaatkan rempahini sebagai suplemen untuk banyak masalah kesehatan. Misalnya, perut kembung,jantung, kulit, dan radang sendi.

Baca Juga :Kamu Harus Tahu, Ini 10 Manfaat Anggur Hitam Bagi KesehatanNamun tahukah kamu apa saja kandungan nutrisi pada KayuManis? Dikutip dari halodoc, ini dia kandungan nutrisi yang ada pada KayuManis.

Dalam satu sendok teh kayu manis berupa bubuk dengan berat berkisar2,6 gram mengandung nutrisi sebagai berikut:

Energi: 6.42 kilokalori. Karbohidrat: 2.1 gram. Kalsium: 26.1 miligram. Besi: 0.21 miligram. Magnesium: 1.56 miligram. Fosfor: 1.66 miligram. Kalium: 11.2 miligram. Vitamin A: 0.39 mikrogram

Selain itu,tanamanherbalini juga mengandung kolin, beta karoten, alfa karoten,beta cryptoxanthin, likopen, lutein, dan zeaxanthin. Terdapat juga vitamin Bdan K.

Khasiat Kayu Manis untuk ApaSaja?

Kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggiketimbang cengkeh dan oregano. Beberapa manfaatnya, antara lain:

1. Menurunkanberat badan

Kandungan dalam kayu manis dapat membantu meningkatkanmetabolisme tubuh dan pembakaran lemak. Dalam sebuah penelitian, tanaman herbalini bisa meningkatkan thermogenesis (produksi panas tubuh) hingga 20 persen.Dengan kata lain, tanaman ini dapat membantu membakar lebih banyakkalori.

Selain itu, rempah-rempah dengan aroma khas ini juga bisamengurangi nafsu makan dan membantu tubuh lebih mudah mencerna lemak dankarbohidrat. Alhasil, proses ini akan mencegah nutrisi tersimpan sebagai lemak.

2. Baik untukpengidap diabetes

Air rebusan tanaman herbal ini juga baik untuk pengidappenyakit kencing manis. Sebab, kandungannya dapat mengurangi resistensi insulindengan meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan begitu, kadar gula darah dapatterkontrol dengan baik.

Ketika memasuki tubuh, kandungan dalam herbal ini bekerjapada sel otot yang membantu mengubah gula menjadi energi. Alhasil, kadar guladarah jadi lebih stabil.Selain itu, manfaat lain kayu manis yang berhubungandengan masalah kesehatan ini bisa kamu ketahui lebih banyak lagi melaluiartikelManfaat Kayu Manis untuk Pengidap Diabetes.


Editor
: Hendra Mulya

Tag:

Berita Terkait

Gaya Hidup

Manfaat Air Rebusan Kayu Manis Tuk Normalkan Gula Darah, Simak Caranya

Gaya Hidup

Kamu Harus Tahu, Ini 12 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 5 Tak Terduga

Gaya Hidup

Ini Kue Kamir, Jajanan Khas Pemalang Yang Banyak Diburu Pemudik

Gaya Hidup

Warung Rempah Therapy Gatra Kencana di Desa Bojongnangka Jadi Tempat Hilangkan Penat Juga Murah