Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Andy Liany - Minggu, 30 Juni 2024 09:53 WIB
Istimewa
Ilustrasi

bulat.co.id - Kecanduan gadget bisa dialami oleh siapa saja, termasuk padaanak-anak. Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak perlu diusahakan secepatmungkin.

Gadget memang sudah menjadi bagian dari kehidupansehari-hari anak-anak zaman sekarang. Selain dapat menjadi sarana hiburan,perangkat elektronik ini juga sebagai alat penunjang belajar.

Namun meski memiliki manfaat, orang tua tetap harusmelakukan pengawasan dan sebisa mungkin tidak membuat anak terus bermain gadgetsampai lupa waktu.

Jika anak sudah kecanduan gadget, hal itu tentu saja bisaberdampak buruk bagi kesehatan dan tumbuh kembang si kecil. Salah satunyamemengaruhi kemampuan bersosialisasi mereka.

Berikut ini tips mengatasi anak kecanduan gadget yang dapatdilakukan orang tua.

1. Membatasi waktupemakaian

Dilansir laman CNN Indonesia, Minggu (2/4/2023), langkahpertama yang dapat dilakukan orang tua untuk mengurangi ketergantungan anakpada gadget adalah membatasi waktu penggunaan atau screen time.

Diperlukan ketegasan orang tua untuk menerapkan durasipenggunaan gadget pada si kecil. Terutama apabila anak memohon, merayu, hinggamenangis.

Pedoman waktu screen time dari American Academy ofPediatrics (2013) dan Canadian Pediatric Society (2010) adalah sebagai berikut:

Anak di bawah usia 2 tahun: tidak boleh dibiarkan bermaingadget sendiri, termasuk televisi, smartphone, dan tablet.

Anak usia 2-4 tahun: Kurang dari satu jam dalam sehari.

Usia 5 tahun ke atas: sebaiknya tidak lebih dari dua jamsehari untuk penggunaan hiburan (tidak termasuk kebutuhan belajar).


2. Menentukan jadwal

Selain membatasi waktu pemakaian, orang tua juga dapatmenentukan jadwal yang sesuai untuk anak bermain gadget, seperti smartphone,laptop, televisi, dan lainnya.

Kemudian, berikan kebebasan kepada anak untuk memilih jamberapa mereka ingin menggunakan perangkat elektronik tersebut. Orang tua bisamemberikannya sesuai dengan keputusan yang anak buat.

Hal itu dilakukan agar si kecil merasa dilibatkan dalammenentukan jadwal dan diharapkan dapat bertanggung jawab atas pilihannyatersebut.

3. Menemani anakbermain

Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak berikutnya adalahdengan meluangkan waktu untuk menemaninya bermain, seperti dikutip dari lamanParenting Firstcry.

Anak-anak yang menghabiskan waktu bermain sendirian memilikikecenderungan terikat pada gadget. Oleh sebab itu, usahakan orang tua memilikiwaktu untuk bermain dengan anak.

Ada banyak permainan yang bisa dicoba, seperti bermainboneka, membuat kerajinan tangan, petak umpet, dan lainnya.

4. Membuat area bebas gadget

Orang tua juga bisa membuat peraturan untuk tidakmenggunakan gadget di ruangan atau tempat tertentu. Sebagai contoh di mejamakan, kamar tidur, dan di dalam mobil.

Selain anak-anak, anggota keluarga lainnya juga tidakdiperbolehkan menggunakan gadget di area-area yang telah ditentukan.

Cara ini tak hanya membuat anak lebih fokus tapi jugamenjadi cara untuk anak belajar mematuhi peraturan dan upaya untuk lebih dekatdengan anggota keluarga satu sama lain.


5. Hindari meletakkan gadget sembarangan

Hindari meletakkan gadget sembarangan agar anak tak melihatdan ingin memainkannya. Anak menjadi mengenal gadget dan terikat apabila iamendapat akses ke alat tersebut dengan mudah.

6. Menjadi contohyang baik

Anak-anak cenderung mengikuti apa yang orang tua merekalakukan daripada apa menuruti apa yang orang tua mereka katakan.

Artinya, jika ingin si kecil tidak kecanduan gadget, orangtua perlu menjadi contoh yang baik dan tidak terus menerus melihat perangkattersebut.

7. Melakukanaktivitas lain

Orang tua juga dapat mengajak anak untuk melakukan kegiatanlain di luar rumah, seperti bermain di taman kompleks, berolahraga, danlainnya.

Apabila di rumah, orang tua bisa mengajak anak untukmembantu kegiatan orang tua seperti membersihkan kebun, memasak. Bisa jugamenawarkan hal-hal yang mereka gemari seperti bermain alat musik atau membacabuku.


Tag:

Berita Terkait

Gaya Hidup

Ditetapkan 1 Juli 2024, Ribuan Stiker Parkir Berlangganan Terjual

Gaya Hidup

Inilah 3 Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan, Si Pahit Yang Punya Nutrisi Tinggi

Gaya Hidup

Begini Cara Keluar dari WhatsApp Group Tanpa Ketahuan

Gaya Hidup

Ucapkan Kata Ini Sesering Mungkin Agar Kelak Anak Jadi Orang Sukses

Gaya Hidup

Satgas Yonif 509 Kostrad Berikan Bantuan Kesehatan di Kampung Titigi, Intan Jaya Papua

Gaya Hidup

Alpukat Ternyata Bisa Bantu Atasi Asam Lambung, Ini Kandungannya