Tiga Pendaki Gunung Sibayak yang Tersesat Ditemukan Selamat

Dede Basyri Hasibuan - Minggu, 26 November 2023 15:48 WIB
ist
Ketiga pendaki Gunung Sibayak yang sempat tersesat akhirnya selamat setelah ditemukan tim gabungan.

bulat.co.id - Tiga pendaki Gunung Sibayak,Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo yang tersesat berhasil ditemukan. Jajaran Polres Tanah Karo, bersama Kodim 0205/TK, UPT Tahura, Basarnas, serta relawan menemukan ketiganya dalam keadaan selamat, Minggu (26/11/2023) dinihari.

Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, melalui Kasat Samapta AKP Enda Tarigan mengatakan, pihaknya menerima informasi dari Personel Polhut UPT Tahura Bukit Barisan, Agus Efendi Siregar Jumat (24/11/2023) sekira pukul 05.00 WIB tentang hilangnya warga Medan tersebut.

Awalnya, pendaki warga Medan berjumlah 4 orang yakni Diwan (19) Hafiz (17) Luis (20), dan Aditya Prabowo (17). Mereka berangkat dari Posko Lestari Gunung Sibayak, Desa Jaranguda.

Namun satu di antaranya batal melanjutkan perjalanan.

"Satu diantaranya, Aditya Prabowo tidak melanjutkan perjalanan dikarenakan mendapat berita kemalangan dari keluarga dan kembali ke Posko Lestari Gunung dan ketiga rekannya melanjutkan perjalanan ke atas bukit hingga diketahui tersesat dan putus kontak sejak Jumat (26/11) sekira pukul 18.30 WIB,," kata AKP Enda Tarigan, Minggu (26/11/3023).

Berdasarkan informasi tersebut, tim pencarian gabungan TNI Polri, UPT Tahura dan Basarnas, Sabtu (25/11) pukul 09.30 WIB, mulai melakukan pencarian di kawasan Perbukitan Gunung Sibayak dengan membagi dua tim pencari.

Sorenya pukul 17.50 WIB, Tim Basarnas menerima informasi dari Potensi SAR Basarnas (orang yang mendapat pelatihan oleh Basarnas), yang melaksanakan camping di lokasi Telaga Putri kawasan Gunung Sibayak, bahwa ada tiga orang pendaki yang mengaku tersesat. Selanjutnya langsung berkoordinasi untuk mengamankan ketiga orang tersebut, sembari menunggu tim satu merapat ke Telaga Putri untuk evakuasi.

Tim satu gabungan dari Polres Tanah Karo, Koramil 04, Polsek Simpang Empat dan Basarnas, kemudian langsung berangkat dari Posko Lestari menuju Telaga Putri.

Enda mengatakan saat proses penjemputan, faktor hari sudah malam dan situasi serta cuaca di kawasan Gunung Sibayak yang sedang turun hujan dan berkabut sempat menyulitkan tim menelusuri jalan menuju Telaga Putri.

Tim 1 berhasil tiba di Telaga Putri dan kembali menuju Posko Lestari. Namun di perjalanan tim 1 sempat tersesat di daerah Sungai Kering dan jalur tidak tertembus karena hujan dan kabut tebal. Mereka kemudian berkoordinasi ke Posko Lestari dan kembali ke Telaga Putri, menunggu tim 2 untuk menyusul tim satu ke Telagah Putri.

Hingga Minggu (26/11) dini hari, sekira pukul 00.45, tim satu dan tim dia bersama tiga orang pendaki, yang tersesat telah tiba di Posko Lestari Bukit Kapur Gunung Sibayak.

"Alhamdulillah, ketiga pendaki ditemukan dalam keadaan selamat dan sudah kita serahkan kepada pihak keluarga masing masing," pungkas Kasat.

Editor
: Hadi Iswanto

Tag:

Berita Terkait

Karo

Hilang 22 Tahun Saat Mendaki, Pria Ini Ditemukan Sudah Jadi Mumi

Karo

Pos Pendakian Gunung Slamet Ditutup, Ini Alasannya

Karo

15 Pendaki Asal Sumatera Utara Gagal Tahun Baru di Gunung Singgalang, Malah Dibawa ke Kantor Polisi

Karo

Evakuasi Korban Erupsi Marapi Sumbar Dihentikan: 22 dari 23 Jenazah Sudah Teridentifikasi, Ini Daftarnya

Karo

75 Pendaki Gunung Marapi yang Terdata Sudah Dievakuasi, 1 Korban Terakhir Ditemukan Tewas

Karo

Baru 16 Jenazah Pendaki Marapi Berhasil Diidentifikasi, Ini Daftarnya